Pemasangan Antena di SMPN 1 dan SDN 003 Tanjung Palas TImur

Bismillah..

Pada Kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman saya memsang antena di SMP 1  dan SDN 003 Metun Sajau, Kec. Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

Metun Sajau merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Tanjung Palas Timur, sebuaj desa dengan jarak tempuh kurang lebih 1.5 Jam perjalanan menggunakan mobil, kondisi jalan yang sempit dan penuh lobang membuat perjalanan harus ekstra hati-hati. Desa Metun Sajau berada di wilayah RMO (Rangau Mine Operation) wilayah tambang batu bara PT. Pesona Khatulistiwa Nusantara, karena desa Metun Sajau masih berada diwilayah tambang batubara, maka PT. PKN harus ikut andil memberdayakan masyarakat yang ada di Desa Metun Sajau, ini merupakan timbal balik karena adanya pertambangan batu bara di dearah tersebut.

Perjalanan kami ke Desa Metun Sajau ini bukan untuk memberikan pelatihan computer seperti biasa yang kami lakukan sebelumnya, tapi kali ini tujuan kami berbeda, yaitu memasang antena di SMP 1 Tanjung Palas Timur dan SDN 003 Tanjung Palas Timur agar bisa mendapatkan akses internet, karena saat ini intenet sudah menjadi kebutuhan, untuk memajukan pendidikan di negeri ini.

Di Desa Metun Sajau ini jangankan untuk mendapatkan akses internet, untuk mendapatkan sinyal telekomunikasi saja masih sangat sulit sekali, karena jauh sekali jaraknya dengan BTS, BTS terdekat terletak di Desa Wonomulyo, 15 Perjalanan dari Metun Sajau.

Awalnya kami sangat kesulitan untuk pemasangan antenanya, karena tidak ada tiang untuk memasang antenna tersebut, kemudian kami berinisiatif menggunakan tiang bendera sekolah untuk dijadikan tiang antenna, setelah menunggu cukup lama akhirnya antenna terpasang, tapi kami masih belum mendapatkan sinyal yang cukup untuk akses internet, kami mengharapkan mendapatkan sinyal 3G tapi yang kami dapatkan hanya 2 G, sudah berkali-kali kami mencoba mencari posisi antenna yang pas, yang kami kira bisa menangkap sinyal yang kuat, tapi tetap saja hasilnya nol, kemudian bapak kepala sekolah memberitahu kami, kata beliau disini sinyalnya Cuma sampau 2G mas, he he he

Sinyal 2G, ya sudahlah kalau begitu, kami pun mencoba koneksi internet dengan sinyal 2G, alhamdulilah bisa aksen google, tapi harus bersabar menunggunya, setelah selesai memasang antenna di SMP 1 Metun Sajau, kami pindah ke SDN 003 Tanjung Palas Timur, letaknya tidak jauh dari SMP, disana sudah diperisapkan tiang untuk antenanya, yaitu kayu yang lumayan panjang, setelah kami mengamati, menganalisa dan memutuskan untuk memasang antenna di belakang ruang guru, kami berbagi tugas ada yang memang antenna dan mencari sinyal, kemudain ada yang memantau sinyal yang didapatkannya.

Tiang Antena, kami ikat disebuah pohon, untuk mendapatkan sinyal yang kuat kami harus memutar-mutar antenna ke segala arah dengan komando dari salah satu rekan kami, eepss satu satu, eps penuh penuh, tahan tahan, yah hilang lagi, kurang lebih begitu perburaun sinyal di SDN 003 Tanjung Palas TImur, beberapa saat kemudian akhirnya kami mendapatkan posisi yang bagus dan sinyal yang lumayan, Alhamdulillah akhirnya internetnya bisa juga.

nah berikut ini Dokumentasi pemasangan antenanya.

2014-03-26 16.36.54

Perakitan Antena

2014-03-26 16.46.03

Plang SMPN 1

2014-03-26 18.15.46

SDN 003 TPT

2014-03-26 16.45.12

Pemasangan Antena

2014-03-26 17.23.56

Setting Modem

2014-03-26 17.26.06

Tes Koneksi

2014-03-26 17.27.05

Tes Browsing

Setelah selesai memasang antenna kami meluncur kembali ke kota Tanjug Selor, mudah-mudahan antenna yang kami pasang bermanfaat untuk kemajuan negeri ini, aamiin.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s