Persiapan Pendirian Akademi Komunitas Bulungan Bagian 1

Kabupaten Bulungan merupakan sebuah Kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Utara, berjarak kurang lebih 1.5 Jam perjalanan menggunakan speedboat dari Kabupaten Tarakan, Kabupaten Bulungan ini yang akan menjadi Ibu Kota Provinsi Kalimantan Utara nanti, persiapan untuk menjadi ibu Kota Provinsi pun telah dilakukan mulai pembangunan Infrastruktur Pemerintahan dan juga persiapan lainnya.

Kabupaten Bulungan memiliki kekayaan alam yang berlimpah, ini terbukti banyaknya perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten ini, mulai dari Pertambangan, Perkebunan, Perikanan, Perdagangan dan kekayaan alam lainnya, tidak hanya kekayaan alam yang berlimpah, tetapi penduduk bulungan juga memiliki beragam suku dan budaya, ada beberapa suku yang ada di Kabupaten ini diantaranya suku Banjar, suku Bugis dan 3 suku asli Bulungan yaitu suku tidung, suku dayak dan suku bulungan, bahkan bukan hanya itu di Kabupaten Bulungan ini juga terdapat suku pendatang lainnya, seperti suku jawa.

Provinsi Kalimantan utara ini sangat strategis sekali, Karen berbatasan langsung dengan Negara jiran Malaysia dan Brunei Darussalam, ini merupakan sebuah nilai strategis tersendiri yang bisa dimanfaatkan oleh provinsi Kalimantan Utara untuk cepat berkembang.

Penjelasan Akademi Komunitas

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mendirikan Akademi Komunitas (AK) Negeri di 20 kabupaten/kota di Indonesia. Mendikbud, M Nuh, mengatakan AK adalah bagian dari amanat Undang-Undang Pendidikan Tinggi (UU Dikti). AK bertujuan penguatan pendidikan vokasi dan mendongkrak Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi. Masing-masing mahasiswa yang selesai menempuh program pendidikan ini akan mendapat gelar setara dengan D1 atau D2.

Nantinya, kedua puluh akademi negeri itu menjadi percontohan atau model bagi AK swasta yang didirikan oleh masyarakat. AK negeri pertama akan didirikan di kampung halaman Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono di Pacitan, Jawa Timur, 9 September mendatang. AK yang didirikan dengan total biaya mencapai Rp 50 miliar ini akan berfokus pada bidang otomotif, pertanian, teknologi informasi, dan perhotelan.

“AK Negeri ini akan kita dirikan sebagai model. Anggaran pendiriannya juga berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhannya,” kata Nuh, di Jakarta, Jumat (24/8/2012).

Selain Kabupaten Pacitan, Kabupaten/kota yang akan menjadi lokasi pendirian AK Negeri itu adalah Kabupaten Kerom, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Muko-muko, Kota Blitar, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Situ Bondo, Kabupaten Rejong Lebong, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Tanah Datar, Kota Mataram, Kota Prabu Mulih, dan Kabupaten Tuban.

Diimbangi biaya murah

Nuh juga menjelaskan bahwa harus diimbangi dengan pembiayaan yang murah dan terjangkau oleh setiap mahasiswa. Pasalnya, AK merupakan lembaga pendidikan tinggi alternatif untuk para siswa yang lulus dari sekolah setingkat SMA.

Biaya kuliah di AK dijamin akan lebih murah dan lebih terjangkau dibandingkan dengan politeknik. Menurut dia, semua itu harus diimbangi dengan investasi pemerintah yang lebih besar.

Menurut Nuh pula, AK terintegrasi dengan digelontorkannya Bantuan Operasional Sekolah jenjang SMA (BOSM). Di mana para siswa lulusan jenjang SMA akan memiliki alternatif lain untuk mengecap pendidikan tinggi.

“Itu tekad kita, mati-matian supaya mereka mau melanjutkan (pendidikan),” tandasnya.

Nuh sempat mengatakan pula bahwa banyak pihak swasta dan perusahaan-perusahaan yang berminat ingin mendirikan AK.

Sumber : http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/25/13243524/Ini.Penjelasan.Mendikbud.Soal.Akademi.Komunitas

Sesuai dengan keputusan Dikti maka pemerintah daerah Kabupaten Bulungan akan mengambil bagian untuk mendirikan Akademi Komunitas di Bulungan, guna mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang handal dan professional dalam bidangnya, sehingga nantinya dapat mengolah sumber daya alam yang ada di kabupaten Bulungan khususnya dan Kalimantan utara pada umumnya, untuk itu pemerintah kabupaten kaltara yang bekerja sama dengan dinas pendidikan, guru-guru sekolah menengah kejuruan yang ada di Kabupaten Bulungan, serta PT. PKN , Yayasan Kumala Bhakti Khatulistiwa  dan Advisor Pendidikan PT. PKN untuk mendirikan Akademi Komunitas di Kabupaten Bulungan. Untuk mewujudkan cita-cita bersama membangu Akademi Komunitas tersebut, maka disepakati pembentukan Team dan rapat rutin setiap minggu.

Rapat pertama yang dilakukan untuk persiapan pendirian Akademi Komunitas dilakukan di Hotel Crown, dengan pembahasan yaitu pembuatan proposal Akedemi Komunitas, pengenalan Akademi Komunitas, serta potensi sumber daya alam yang ada di Bulungan, selain itu rapat pedana ini juga dilakukan pembagian tugas untuk masing-masing team, dengan harapan semua team memiliki tanggung jawab untuk dalam penyusunan proposal akdemi komunitas.

Selain team diatas, rapat perdana tersebut juga dihadiri oleh mahasiswa D4 ITB yang sedang melakukan magang di PT. PKN, dengan harapan dapat membantu dan ikut andil dalam pembuatan proposal. Berikut ini beberapa dokumentasi rapat perdana perispan pendirian akademi komunitas Bulungan.

 

WP_20140317_003

Suasana Rapat Pembuatan Proposal AK Bulungan

WP_20140316_002

Suasana Rapat Pembuatan Proposal AK Bulungan

 WP_20140317_002

Suasana Rapat Pembuatan Proposal AK Bulungan

WP_20140316_009

Suasana Rapat Pembuatan Proposal AK Bulungan

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s